Rabu, 24 Desember 2014

Pengenalan Visual Foxpro

Foxpro adalah sistem manajemen data base yang akan membantu anda untuk mengumpulkan, mengambil, dan menampilkan data. Selain fasilitas seperti kemudahan, kecepatan, dan kemampuannya dalam mengolah data yang relatif besar, salah satu keistemewaan dari program yang dibuat oleh Microsoft ini yang terpenting adalah cara pemrogramannya yang kini tengah menjadi trend di era 90-an yaitu pemrograman visual dan berorientasi objek. Dengan memakai cara pemrograman ini, kita tidak perlu susah payah mengetikkan kode program, tidak perlu menghafal sintak dan fungsi-fungsi program yang jumlahnya ratusan. Kita hanya tinggal mengklik dan memilih dengan mouse, dan bahkan jika kita tidak memiliki pengetahuan dalam bahasa pemrogramanpun dapat membuat sebuah program aplikasi yang bergaya windows.
 Visual foxpro mempunyai beberapa kelebihan dibandingkan dengan bahasa pemrograman lain,yaitu berupa Acces dan Assign Methode, Active Document,  Component Gallery, Aplikasi Coverage Profiler, GIF dan JPEG, HTML Help, Elemen-elemen bahasa baru, OLE Drag & Drop, Automation Server, Wizard dan Builder baru, Dukungan Year 2000 Date.
Jendela Command
           Bagi programmer database yang menyukai pendekatan pemrograman atau yang sudah terbiasa dengan pemrograman database versi sebelumny, membuat perintah dengan basis teks boleh jadi akan mempercepat proses. Dalam Visual Foxpro disediakan jendela yang disebut Command Window untuk mengetikkan perintah yang berbasis teks tersebut. Bila Command Window tidak tampil, anda bisa memilih menu Window > Command Window atau cara lain dengan menggunakan keyboard dengan menekan tombol Ctrl + F2 atau klik Command Window.
Project Manager
          Project Manager adalah fasilitas dari Visual Foxpro yang didesain seperti layar bertab. Project Manager juga menyediakan kemudahan untuk mengakses semua file yang akan digunakan untuk aplikasi. Pembuatan program aplikasi dalam visual foxpro akan lebih baik jika dibuat dalam sebuah project untuk memudahkan pekerjaan maupun pengaksesan file.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar